SELAMAT DATANG DI " FAMILYS GROUP PEST CONTROL " - JASA PENGENDALIAN PEMBASMI HAMA DAN RAYAP - DIJAMIN AMAN DAN TUNTAS - GARANSI 3 TAHUN - BASMI SAMPE KE SARANG RATU RAYAP

Mengenal Hama "TIKUS" di sekitar Rumah Anda


Hama Tikus

Pengendalian hama tikus sangat penting untuk dikerjakan agar Anda terhindar dari sejumlah penyakit serius yang umum ditularkan oleh tikus. Hama tikus membawa hampir selusin penyakit berbaya di Indonesia, salah satunya adalah Leptospirosis. Selain itu, tikus juga membawa hama sekunder yang melalui bulu mereka, seperti kutu, tungau dan caplak.
Hama tikus akan menajadi sangat sulit untuk dikendalikan apabila mereka telah menemukan akses untuk masuk ke dalam rumah atau tempat bisnis Anda. Mereka dapat menyebarkan penyakit, kerusakan dan mengkontaminasi makanan.

Tanda-Tanda Umum Keberadaan Tikus Di Rumah

Tikus di rumah suka bersembunyi di tempat yang sempit dan sulit dijangkau. Hama tikus juga dapat menjadi binatang yang ‘sangat rahasia’ dan dapat menghuni di dalam rumah untuk waktu yang lama tanpa Anda pernah menyadarinya.

Spesies Tikus

Terdapat 2 jenis tikus yang sangat mengkhawatirkan di Indonesia. Tikus got dan tikus atap biasanya ditemukan di rumah maupun di bangunan lain.

1. Tikus Atap (Rattus rattus)

 

Tikus atap banyak ditemukan di area kota pesisir dan banyak area perkotaan di seluruh Indonesia
Penampilan
· Tikus atap memiliki ukuran panjang antara 16-24 cm, dengan ekor lebih panjang daripada kepala dan tubuh. 
· Tikus ini memiliki berat antara 150- 200 g. 
· Memiliki hidung runcing, telinga besar dan tubuh yang ramping
Infestasi hama tikus dapat menjadi masalah terutama jika Anda memiliki bisnis yang berhubungan dengan makanan dan minuman. Banyak area berisiko menjadi tempat masuk dan berkembang biak semut di area bisnis Anda yang memerlukan pengelolaan yang baik agar dapat tetap beroperasi dengan selamat.

Untuk mengatasi masalah tikus Anda dengan cepat dan efektif, seperti penggunaan rodentisida (umpan tikus), perangkat pemantau dan perangkap umpan tikus.

 2.Tikus Got (Rattus norvegicus)

 

Tikus got biasanya lebih suka hidup di dalam tanah dan liang, tetapi kadang-kadang mereka dapat mendaki.

Penampilan

Tikus got memiliki panjang hingga 40 cm, dengan ekor lebih pendek dari pada kepala dan tubuh. 
Memilik berat antara 350 - 500 g.

Memiliki hidung yang tumpul, telinga yang kecil dan tubuh yang lebih tebal dibandingkan dengan Tikus atap (Rattus rattus)

Menemukan tikus di rumah Anda dan mendengar suara-suara mencurigakan yang datang dari atap atau dibelakang dinding Anda akan menjadi sangat menakutkan. Tikus yang ditemukan pada tempat usaha Anda juga dapat menimbulkan ancaman nyata untuk produk yang disimpan dan kerusakan pada properti.

Selain bahaya kesehatan, tikus diketahui dapat menyebabkan kebakaran dengan mengunyah jaringan kabel. Mereka bahkan dapat menggerogoti kayu, plastik dan baja ringan
.
Identifikasi Hama Anda

Penyebab kebakaran yang tidak diketahui, suara yang mencurigakan datang melalui atap dan dinding, kemasan rusak dan noda urin yang tidak sedap dipandang mata merupakan kemungkinan buruk yang dapat ditimbulkan oleh binatang pengerat kecil ini kepada Anda, keluarga dan bisnis Anda.

Hama tikus terkenal sebagai hama yang cerdas sekaligus sebagai hama yang sangat sulit untuk dikendalikan karena bahaya yang mereka hasilkan. Infestasi hama tikus berpotensi membawa resiko kesehatan, kerusakan fisik dan risiko keselamatan.

Situasinya bisa lebih menantang karena hama tikus dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal mereka. Tikus depat menyelinap masuk kedalam celah-celah berukuran kecil, dan hanya membutuhkan 1 cm untuk tikus dapat memasuki bangunan Anda!

Mengetahui tanda-tanda keberadaan tikus dan jenis tikus penting, karena umumnya ada 3 jenis tikus yang berada di Indonesia. Tikus muncul di malam hari, dengan kebiasaan menjauhkan diri dari jangkauan dan penglihatan manusia.

Identifikasi masalah tikus secara dini yang dilalukan dengan cara yang tepat terhadap setiap perbedaan spesies hama tikus sangatlah dianjurkan. Ini karena setiap jenis tikus memiliki kebiasaan dan perilaku yang berbeda untuk ditangani secara berebeda - sesuai dengan spesies nya. Memahami masalah ini, menemukan solusi pengendalian tikus yang tepat membantu menghemat waktu dan mengurangi kekhawatiran Anda.

Cara Membasmi Tikus

Jika Anda memutuskan untuk membasmi tikus rumah sendiri, Anda tentu tidak akan semudah itu melakukannya! Hal ini terutama terjadi pada situasi dengan serangan hama tikus yang cukup serius.

Perbaikan pada beberapa bagian-bagian rumah dinilai dapat membantu memberikan dampak positif terhadap upaya pengendalian hama tikus. Ini juga termasuk belajar bagaimana mengidentifikasi lubang dan akses terbuka yang dapat tikus lalui. Sangat penting dan kritis untuk menutup akses terbuka, sehingga tikus tidak dengan mudah menyelinap masuk kedalam rumah Anda.

Menjadi hama perkotaan yang sangat adaptif dan diperlukan upaya yang tidak biasa untuk dapat memberikan efek yang maksimal dalam membasmi tikus. Bagi individu tanpa keahlian dan pengetahuan cukup terhadap perilaku tikus, akan sangat sulit dan menantang untuk membasmi tikus rumah sendiri.

Keterbatasan cara membasmi tikus rumah secara mandiri

Tidak mengherankan bahwa cara mengusir hama tikus sendiri dirumah memiliki keterbatasan tidak hanya dalam hal seberapa cepat tikus dapat bereproduksi, mengingat satu pasang tikus dapat menghasilkan sekitar 2,000 keturunan dalam satu tahun.

Hewan pengerat seperti tikus sangat tergantung terhadap makanan, air dan tempat berlindung untuk berkembang biak. Berikut adalah tips dan cara mengusir tikus di rumah yang praktis dan aman Anda kerjakan:

1. Menghilangkan limbah makanan dari dalam rumah.
2. Menyimpan persediaan bahan makanan dengan menggunakan wadah kedap udara atau di lemari es.
3. Mengosongkan tempat sampah secara rutin.
4. Menghilangkan barang-barang berukuran besar dan tidak terpakai di area rumah, untuk menghindari menjadi sarang tempat bersembunyi hama tikus.
5. Lakukan pemeliharaan bangunan dengan cara menutupi celah-celah dan retakan yang ada.
6. Pasang jerat kawat yang kuat pada celah jendela yang bisa menjadi titik masuk potensial hama tikus

Bagaimana Cara Membasmi Tikus di Rumah dan Bisnis Anda

Hama tikus dapat sangat menantang untuk dikelola sendiri karena bahaya yang mereka timbulkan terhadap kesehatan serta keselamatan Anda, keluarga dan karyawan Anda.

Hewan pengerat seperti tikus mengeluarkan air seni dan kotoran secara bebas, yang dimana akan dapat dengan mudah mencemari makanan, peralatan, dan permukaan yang mereka lewati. Hal ini membuat kita berisiko tertular penyakit seperti Salmonella, Leptospirosis dan wabah-wabah penyakit lainnya yang berbahaya. Penyakit ini bisa menyebabkan gejala keracunan makanan seperti demam, sakit kepala, diare dan mual.

Dengan sepasang gigi seri yang terus tumbuh, tikus perlu menjaga gigi tetap tajam dan pendek dengan menggerogoti sebuah benda. Kebiasaan menggerogoti ini diketahui menyebabkan sirkuit pendek dan kebakaran saat tikus mengunyah kabel-kabel yang ada di area rumah atau bisnis Anda.Mereka bahkan bisa menggerogoti kayu, plastik dan baja ringan.

Sementara itu kebiasaan rumah tangga yang higineis bagus untuk diadopsi karena dinilai 
cukup mampu mengatasi masalah hama hingga batas waktu tertentu. Namun, solusi pengendalian hama tikus yang dikerjakan secara profesional lebih disarankan karena dapat mencegah dan menghilangkan serangan tikus yang lebih serius dikemudian hari.

Kotak perangkap tikus, papan lem dan racun tikus adalah beberapa cara mengusir thama tikus yang digunakan oleh jasa pengendalian hama profesional untuk menjaga agar infestasi hama tikus dapat terkendali. Dengan saran ahli, waktu dan usaha yang giat; membasmi tikus bukanlah suatu hal yang tidak dapat dikerjakan.

Manfaat Membasmi Tikus:

1. Menghindari kerugian finansial akibat kerusakan hewan pengerat.
2. Mencegah kerusakan pada properti, persediaan makanan dan barang-barang berharga Anda.
3. Menghindari kontaminasi makanan.
4. Melindungi reputasi bisnis dari kemunculan hama tikus.
5. Mencegah penyebaran penyakit.
6. Ketenangan pikiran untuk mengetahui bahwa masalah hama tikus Anda telah terkendali dengan baik.

        Untuk menambah pengetahuan tentang Hama Tikus silakan anda Klik DISINI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar